<!--[if gte mso 9]>
BAGAIMANA MENJADI SEORANG PROFESIONAL WAITER
1. Usahakan selalu datang 15 menit sebelum schedule shift / waktu bekerja, jangan pernah dating tepat waktu.
2. Persiapkan peralatan yang akan anda gunakan bekerja, sebagai contoh pena, wine opener, Food and beverage order dan lain sebagainya.
3. Patuhi semua peraturan yang ada di tempat anda bekerja.
4. Singkirkan semua permasalahan yang membuat perasaan anda kurang enak, misalnya permasalahan keluarga atau permasalan di luar pekerjaan.
5. Pahami semua menu atau daftar makanan dan minuman yang ada termasuk isi, cara masak dan penyajiannya.
6. Pastikan anda dalam kondisi standart grooming atau penampilan yang serapi mungkin.
7. Pakailah pakaian yang bersih dan pastikan semuanya nyaman anda pakai
8. Jagalah kebersihan tubuh, tangan, gigi dan kuku.
9. Gunakan perfume / deodorant tetapi jangan terlalu banyak sehingga tidak akan menggangu para customer / tamu.
10. Selalu sopan kepada tamu terutama bahasa tubuh tapi jangan terlalu berlebihan.
11. Selalu cek / perhatikan makanan dan minuman yang tidak tersedia dan yang tinggal sedikit / limit.
12. Jangan pernah takut, canggung dan panik didepan customer waktu taking order, santai dan percaya diri.
13. Selalu tersesum ramah kepada tamu waktu taking order dan sesuaikan panggilan sapaannya.
14. Pergunakan kata-kata yang sopan dan jelas juga jangan pergunakan kata-kata yang sama jadi tamu tidak bosen.
15. Jangan terlalu mengharap pada tamu untuk menuruti semua suggestion yang anda berikan.
16. Dalam penyajian atau taking order selalu usahakan terlebih dulu pada anak-anak kalau ada, wanita lalu laki-laki.
17. Selalu melakukan pengontrolan ruangan di sekitar customer dan jangan lupa untuk menjaga situasi kondusif.
18. Ulangi semua pesanan dan jangan lupa tanyakan bila ada yang tertinggal dan tanyakan kalau ada yang kurang
19. Katakanlah / ucapkan “Terima Kasih” setelah taking order.
20. Perhatikan semua tamu regular: Nama nemu favorites dan situasi yang di inginkan.
21. Jalanlah dengan tegap dan cepat tetapi bukan berarti lari atau kelihatan terburu-buru.
22. Gunakan bahasa body yang bagus / perfect untuk memperoleh perhatian customer tetapi jangan terlalu berlebihan dan gunakan kontak mata / tatapan mata dengan tamu yang sopan.
23. Ambil posisi yang sempurna dengan kata lain jangan terlalu jauh atau terlalu dekat sehingga customer merasa nyaman.
24. Tawarkan menu yang special, sebagai contoh sepecial of the day, mingguan dan bulanan kalau ada.
25. Pastikan setiap tamu mendapatkan pesanan mereka dengan benar.
26. Selalu konsentrasi pada customer dan sekitar tamu jadi kalau ada keperluan anda cepat tanggap untuk membantu.
27. Selalu siap membantu customer yang kelihatan bingung, tidak nyaman atau mendapatkan masalah bantulah mereka dengan penuh kebaikan hati.
28. Berhati-hatilah clearup atau angkat piring, gelas atau peralatan yang sudah tidak terpakai lagi.
29. Perhatikan dan anggaplah bahwa customer / tamu yang nomer satu.
30. Bersikaplah baik hati kepada semua kerabat / rekan kerja, sadari bahwa kamu tidak bisa bekerja sendirian.
0 comments:
Post a Comment